most indonesian kids tv show in 2013

06 September 2013


jaman taun 90an, sesame street juga pernah berjaya di indonesia..
diputer setiap hari sepulang sekolah
kayanya ngga mau ngelewatin satu episode pun

sambil ngarep, kapan yah indonesia punya acara kaya gitu sendiri..

mungkin, banyak yang setuju..
ada juga yang kontra, masa kita ikut-ikutan terus sih...
bikin sesuatu yang beda dong...

di tengah gempuran sinetron ngga mutu, FTV kacangan,
infotainment gaje, dan program eksploitasi rating

ternyata indonesia juga punya tayangan tv anak berkualitas
yang ngga kalah dengan edutainment macam sesame street

ngga bisa disamain juga sih,
tapi mungkin itu caranya orang indonesia ngajarin anak-anak
beda cara kan sah-sah aja
tapi tetep, beberapa program TV yang bakal gw ceritain ini
bermanfaat banget, ngga cuman buat anak-anak
tapi buat kita ngabisin waktu, dan nambah pengetahuan

langsung yah...

Laptop si Unyil



Unyil adalah karakter boneka yang tinggal bersama karakter lainnya di desa sukamaju, pinggiran kota Jakarta. Pertama kali tampil di TVRI tahun 1981, kehidupan warga boneka Sukamaju ini menggambarkan kehidupan di tengah pesatnya urbanisasi ke kota Jakarta..

Unyil tinggal bersama bapak, ibu, dan adiknya, dan bermain bersama teman-temannya seperti usrok, ucrit, melani, dan cuplis. Tokoh dewasanya ada Pak Lurah, Pak Ogah, Ableh, Pak Raden, Bu Bariah, dll.. ( tentang si unyil 80an baca di sini yah.. )

di tahun 2007 Unyil muncul kembali diTRANS7, stasiun televisi swasta Indonesia yang merupakan grup Transcorp. konsepnya sangat berbeda dengan kehidupannya di desa Sukamaju. Unyil kali ini gemar jalan-jalan ke kota dan melihat modernisasi yang ada saat ini.

Di sini unyil bakal memperlihatkan cara kerja alat dan mesin, menyaksikan proses produksi barang seperti makanan, mobil, dan juga keterampilan-keterampilan untuk dicoba adik-adik penontonnya. Ngga cuman keliling kota di Indonesia, tapi Unyil juga sering jalan-jalan ke luar negeri.



Oleh orang Indonesia, Unyil suka di-head to head dengan karakter anak-anak dari Malaysia, Upin-Ipin. Unyil pun jadi simbol nasionalisme untuk karakter kebanggaan Indonesia. di episode laptop si unyil, ada karakter baru yaitu Mpok Ipeh, dan punya band sendiri namanya Dekils..


Si Bolang

Kalo unyil suka jalan-jalan ke kota dan melihat urbanisasi, beda ama si Bolang. Bolang seneng banget jalan-jalan menjelajah alam dan pedesaan di seluruh pelosok nusantara. Di sini Bolang akan menceritakan keindahan dan keaslian alam yang ada di Indonesia. Juga budaya dan permainan tradisional yang saat ini udah jarang banget kita mainkan..

Bolang juga tayang di Trans7. Si Bolang sendiri bukanlah sebuah karakter khusus, melainkan dalam setiap episodenya akan ada tokoh anak yang menjadi Bolang atau mendapat gelar Bolang "Bocah Petualang". Trade mark yang melekat dalam diri bolang adalah topi, slayer, dan tas merah yang selalu dipakai saat Bolang bermain dengan teman-temannya


Bolang juga ngga hanya terkenal di kalangan anak-anak, orang dewasa juga suka banget mengidiomkan bolang sebagai anak yang suka keluyuran. temen-temen gw juga suka ngatain 'bolang" buat orang yang ngga pernah di rumah..



Dunia Binatang

Untuk menanamkan kecintaan terhadap binatang, kita perlu mengajak anak-anak indonesia untuk menonton program dunia binatang yang juga produksi Trans7. Program dunia binatang dengan host karakter kartun Otan, si orangutan, ini, menampilkan aneka binatang baik liar maupun peliharaan.

Otan mengajarkan bagaimana kehidupan binatang di alam liar, tentang cara merawat binatang peliharaan, dan serba-serbi binatang agar kita makin mencintai binatang


(maaf sound-nya jelek )

Dunia Air

Sebagai sahabat Otan, Dolpino si lumba-lumba juga mempunyai porgram sendiri di Trans7;, berjudul "Dunia Air". Di sini Dolpino mengajak kita untuk mengenal lebih dekat seluk beluk kehidupan dalam air.


Jalan Sesama

Mirip sama Sesame Street yah? yupp.. Jalan Sesama adalah program edutainment hadil kerjasama Sesame Workshop dengan  Creative Indigo Production. Jalan sesama pertama kali tampil tahun 2007 di Trans7. Kemudian sejak 2011 Jalan Sesama pindah ke KompasT.

Dengan konsep persis seperti Sesame Street, Jalan Sesama menampilkan boneka-boneka yang bisa bergerak dan berbicara layaknya manusia. mereka adalah Momon, Putri, Jabrik, dan Tantan. Ditambah dengan bintang tamu dari kalangan artis dan orang ternama lainnya untuk mengajarkan banyak hal kepada anak-anak Indonesia.

Selengkapnya tentang jalan sesama, kunjungi ini..


Masih ada yang lain ngga ya? soalnya di sini ngga sebanyak Jakarta stasiun TVnya.. maaf kalo ada yang belum kesebut...

0 komentar:

Posting Komentar