kurang kerjaan!
apa mungkin sirik..

VS



situs raksasa Yahoo! menuntut situs lokal asli bandung tea "Kudu Nyahoo" untuk mengganti namanya dan menghapus semua jejaknya di dunia internet.

Hal ini terjadi gara-gara nama Kudu Nyahoo memiliki kesamaan ketika menjadi sebuah nama domain.. "kudunyahoo.com". Sehingga Yahoo! secara resmi mengirimkan surat keberatan mereka yang berisi empat tuntutan:

  1. dengan segera mengganti nama domain situs web Saudara dari www.kudunyahoo.com menjadi www.kudunyaho.com atau dengan nama domain lainnya;
  2. dengan segera mengganti nama situs web Saudara dari "Kudu Nyahoo" menjadi "Kudu Nyaho" atau nama situs web lainnya, termasuk didalamnya mengganti semua ungkapan "Kudu Nyahoo" yang ada di dalam situs web Saudara tersebut;
  3. berjanji bahwa di masa yang akan datang, Saudara tidak akan menggunakan merek dan nama apapun yang serupa dengan "YAHOO!" atau merek-merek lainnya yang dimiliki oleh Yahoo! Inc dan juga tidak menggunakan bentuk apapun dari periklanan, promosi dan aktivitas lainnya dengan menggunakan merek-merek yang dimiliki oleh Yahoo! Inc., termasuk penggunaan pada tanda tangan, papan nama, kartu nama, alat tulis-menulis, hadiah, pamflet, brosur, iklan, dan promosi di media massa atau di Internet atau di tempat lainnya dan menghancurkan semua materi-materi yang mengandung merek-merek Yahoo! Inc., termasuk penggunaan gambar-gambar dengan hak cipta klien kami tanpa ijin; dan
  4. menyatakan pemahaman serta persetujuan Saudara terhadap isi surat ini dengan menandatangani Surat Pernyataan.
Sementara yang kita tau adalah "Kudu Nyahoo" merupakan bahasa Sunda yang aslinya adalah "Kudu Nyaho" atau berarti "Harus Tahu". Tapi sudah permakluman di negara alay ini seperti nulis "tahu" jadi "tau" "tetap" jadi "tetep", "bencong" jadi "benconk"..

Jadi itu juga berlaku sama dengan kaya "Nyaho" jadi "Nyahoo" mungkin bisa jadi kaya tulisan arab yang dipanjangin.. "amin" jadi "amiiiin"... Sah-sah aja kan??

Terlebih lagi, saat pertama kali ngedenger berita ini, sempet ngga kepikir, kenapa dimasalahin ama Yahoo!. karena pas kita deger kata "Kudu Nyahoo", ngga ada kepikiran mirip sama Yahoo!. Bahkan pemiliknya sendiri juga bilang ngga ada niatan ngejiplak atau numpang popularitas dengan pemilihan nama tersebut. Bahkan situs Kudu Nyahoo merupakan situs positif yang memberikan kita tambahan pengetahuan, sehingga kita jadi lebih tau.

Baru pas gue tulis nama domainnya www.kudunyahoo.com dan baca alamat e-mailnya @kudunyahoo.com baru keliatan kesamaan dalam hal penulisan. Dohh! ini kan cuman permainan huruf. Jangan salahin kita dong. Salahin penemu website kenapa ngga bisa pake spasi dan huruf besar dalam nama domain. 

Apa perlu Yahoo! diancam dengan class action kaya kasus yang menimpa oom Sony AK dulu? Inget ga kalo www.sony-ak.com sempat dituntut Sony Corp. untuk mengganti nama domainnya? Hehehe.. ya masa iya, bapak-ibunya kesalahan gara-gara ngasih nama anaknya Sony? 

Kasus yang muncul di tahun 2010 itu mendapatkan reaksi dari masyrakat indonesia dengan membuat facebook page mendukung bang sony, yang mencapai 13.000 pendukung. Tapi akhirnya kasus ini berakhir dengan penyelesaian kekeluargaan, dan pihak SOny COrp meminta maaf kepada oom SOny AK, dan diperkenankan menggunakan nama domain tersebut dengan penyesuaian tampilan, dan disclaimer mengenai keterkaitannya dengan pihak Sony Corp.

Atau mungkin diblokir aja Yahoo! di indonesia? Lagian, segede-gedenya Yahoo! jaman sekarang udah ngga ada pengaruhnya kok. mau buka kek.. mau tutup kek.. terserah..

banyak instant messenger yang lebih reliable dari YM, banyak berita yang lebih hangat dari media profesional di seluruh dunia, situs pencarian nomor 1 udah dipegang ama mbah google. e-mail paling mumpuni bisa pake gmail. mau nyimpen foto profesional juga udah banyak situsnya, ngga perlu flickr lagi. yang biasa narsis di tumblr, pasti juga udah kenal namanya instagram.. dan semua sign-in jaman sekarang pakenya google, facebook, ama twitter account. ga ada yg pake Yahoo!

Jadi.. kalo sampe www.kudunyahoo.com musti bubar gara-gara kepongahan Yahoo! saya siap mendelete account-account yahoo punya saya dan kantor saya..
huhh....

sebel.. sebel.. sebell....!

0 komentar:

Posting Komentar