selametan online www.qinkqonk.com

19 Agustus 2013


Akhirnya setelah menunggu beberapa tahun, www.qinkqonk.com sudah kembali ke tangan ijk...
diselingi dengan beberapa permasalahan gagal payment, dan double payment
tadi pagi gw begadang menanti proses kelahirannya www.qinkqonk.com

dalam rangka selametan online ini, saya sempatkan untuk menggelar jumpa pers juga.. dengan narasumber dari www.qinkqonk.com yaitu saya, dan awak media yang lebih ingin disebut sebagai citizen journalist, yaitu saya juga..

berikut cuplikan wawancaranya..

Bagaimana proses kelahiran www.qinkqonk.com ini pak?

sebetulnya www.qinkqonk.com pertama kali itu diluncurkan pada tahun 2004. dengan berhosting di www.webbiru.com. Seiring berjalannya waktu, ternyata www.qinkqonk.com ngga terurus. kemudian domain diambil alih pihak lain, dan menginginkan pembayaran hingga 30 kali lipat pada saat itu. jadi saya lepas deh..

Beberapa minggu lalu saya cek ternyata domain www.qinkqonk.com sudah available lagi. maka saya bermaksud mengambil kembali domain tersebut. kali ini didaftarkan ke www.hostgator.com. karena dibandingkan dengan didaftarkan menggunakan penyedia layanan lokal, ternyata lebih mudah menggunakan hostgator.com

Apakah ada kesulitan pada saat proses kelahirannya?

Ada semacam dilema sih pada saat pemilihan prnyedia layanan domainnya. Saya takut apabila mendaftarkan ke www.hostgator.com yang notabene di luar negeri sana, akan ada kendala untuk support centernya. beda kalau di Indonesia, kan kita tnggal pang ping atau bazz buzz atau mentok-mentok sms dan nelepon ke penyedia layanan.

Tapi ternyata penyedia layanan langganan saya www.jagoanhosting.com saat ini susah sekali untuk diajak ngobrol online. Maunya cuman lewat ticket support. Jadi ya sama-sama ticket support saya coba untuk pake www.hostgator.com saja. lagian selisihnya lumayan..

Pada saat pendaftaran domain di www.hostgator.com tidak ada masalah. kalau di www.hostgator.com kesulitannya, pembayaran menggunakan cc, smentara www.jagoanhosting.com menggunakan transfer bank ( bisa internet banking juga sih ).

Kesulitan baru terjadi pada saat "complete order" di www.hostgator.com, disebutkan ada error pada saat pembayaran. Saya berpikir apakah harus menggunakan cc yang terverifikasi sebelumnya.. kemudian saya coba untuk ulang beberapa kali..

Ternyata tidak ada perubahan.. gagal maning, gagal maning, son..

Lalu saya menghubungi ticket support www.hostagtor.com. Ditunggu hampir 24 jam ngga ada jawaban juga. lalu nyoba online chatnya. dan menyampaikan permasalahannya. Mereka langsung menanggapi, dan mendaftarkan domain www.qinkqonk.com

Saya sempat antara bingung dan senang. ini teh udah beres apa belum yah, urusannya?

saya tanyakan, lalu apa yang harus saya lakukan. bagaimana dengan pembayarannya? karena saya sempat melakukan percobaan pembayaran beberapa kali. tapi gagal terus. Setelah dicek oleh mereka, ternyata betul ada double payment sebanyak empat kali..

Dengan cepat www.hostgator.com menyebutkan bahwa mereka telah merefund pembayaran tersebut. sehingga transaction history saya cuman sekali aja. yah syukurlah.. masalah tertatasi..

Apakah www.qinkqonk.com kemudian sudah lahir kembali ?

Tentunya belum.. itu tadi masih ngurusin rumah sakit sama administrasinya.. sekarang baru ngurusi proses persalinannya..

Setelah www.qinkqonk.com diambil pihak lain yang mencoba mengambil keuntungan dari situasi tersebut ( bahasa politiknya bgitu ), saya memutuskan untuk kembali menggunakan www.qinkqonk.blogspot.com dengan blogger sebagai penyedia layanan blognya.

Nah pada saat domain ini kembali di tangan, hal yang saya pikirkan adalah apakah saya tetap menggunakan blogspot sebagai tubuh dari website ini, atau saya kembali menggunakan wordpress seperti situs-situs saya yang lain.

Mempertimbangkan bahwa saktu saya ngga banyak untuk ngurusin website kena hack, hosting kesuspend karena belum bayar, atau backupan hilang gara-gara ga sempat maintain, saya mutusin untuk menggunakan blogspot saja.

Toh untuk website pribadi, ngga perlu tampilan gono-gini. make it simple supaya tamu ngga berasa di tempat yang aneh pada saat berkunjung ke blog saya.

jadi saya mengikuti petunjuk untuk mengalihkan www.qinkqonk.blogspot.com ke www.qinkqonk.com. ternyata mudah sekali. tinggal ngikutin petunjuk yang ada, merubah setelan DNS dari cpanel yang diberikan. voila.. dalam waktu kurang limea menit, website saya sudah bisa diakses di www.qinkqonk.com

lebih cepat dari saya memasak indomie dengan kompor listrik terbaru saya

www.qinkqonk.com sudah terlahir kembali!

Selamat ya, pak. Lalu apa saja isinya www.qinkqonk.com?

www.qinkqonk.com tetap berisi tulisan pribadi saya, dan hal-hal di sekitar saya. tentang gadget, pemerintahan, pengalaman rohani, gosip-gosip murahan, dan juga pikiran-pikiran nakal saya,,

Ke depannya apa yang akan bapak lakukan dengan www.qinkqonk.com tersebut. Apakah ada harapan-harapan lain begitu?

yah, www.qinkqonk.com akan tetap sebagai wilayah pribadi saya. paling untuk portfolio, saya bikinkan di domain lain www.project.qinkqonk.com. sedangkan usaha lainnya biar menggunakan domain masing-masing.

Kalau harapan, saya inginnya bisa aktif kembali sebagai blogger sehari-hari. Karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan justru dengan hanya menjadi blogger keseharian. Kita bisa menambah teman, terbuka wawasannya. update dengan lingkungan. dan juga bisa mendapatkan kesempatan-kesempatan dalam hal pekerjaan.

....

Kurang lebih begitu tadi cuplikan jumpa pers yang gw lakuin bersama media yang diundang. Sekarang mau tengok-tengok dlu blog barunya...

Selamat datang semuaaaa....

2 komentar:

meity mengatakan...

hohoho keren! aku juga lagi ngumpulin semangat buat ngeblog lagi kayak dulu. ngeblog tanpa beban dan keinginan macem2... ngeblog buat ngeblog aja

qinkqonk mengatakan...

amin... amiiin.... :D

Posting Komentar