hiks hiks...


keponakanku punya ikan mas koki kepala singa. namanya "ikan"

habis ponakanku masih tiga tahun, dia belom bisa kalo disuruh ngasih nama binatang peliharaan
sekarang keponakanku pindah ke rumah nyokap. jadi aku cuman tinggal berdua sama "ikan" di sini. 

waktu masih kecil, "ikan" pernah sakit parah. keempat siripnya digigitin sama ikan sumatera sampe habis. terus "ikan" ngga bisa berenang, dan posisinya terbalik dengan perut di atas. kesian banget "ikan". dia begitu terus ampe beberapa minggu. aku dah mikir.. wah.. si ikan mati deh... tapi mau ngebuang kok ga tega. akhirnya "ikan" aku diemin di akuarium. ikan sumateranya yang dibuang ke got.

tapi kemudian perlahan-lahan tumbuh sirip baru di badan "ikan". cuman tiga. tapi dia dah bisa berenang bebas lagi. senengnya...

pas keponakanku dateng menjenguk "ikan", dia malah numpahin sekantong makanan ikan ke akuarium "ikan". airnya sampe jadi merah. terus ikannya jadi hiperaktif kaya kesurupan. waa.... aku teriakin keponakanku. meski dia juga ngga ngerti kenapa aku marah.

kemudian akuariumnya dikuras. dan "ikan" kembali tenang

dah dua minggu ini "ikan" nampakin gejala yang aneh. dia jadi suka berada di posisi terbalik dengan perut di atas kaya dulu. tapi kalo digoyang-goyang badannya. dia bisa berbalik lagi dan berenang menjauh.

kemudian aku ngeliat ada guratan merah di ekornya. seperti pembuluh darah yang bengkak gitu mungkin. aku ngag ngerti..

lama kelamaan, sekarang si ikan makin parah. ada luka di bagian perutnya. merah banget. mungkin kalo dipegang sakit kali yah.. dan "ikan" jadi ngga mau bergerak sama sekali.

hiks hiks... aku ngga tau apa yang musti aku lakuin buat "ikan". yang jelas sekarang "ikan" aku pindahin ke ember kecil. dan aku kasih garam. tadi pagi aku liat lukanya mengecil. yah semoga dia bisa sehat agi aja. soalnya aku ngga tau gimana caranya ngajak "ikan" ke dokter buat periksa keadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar