grab your picasa 2 for your image collections

24 Desember 2006



setelah gw memiliki lumix lx2 untuk menemani berburu foto di tempat dugem, gw ngebayangin ada software foto-foto yang bisa bikin gw gampang untuk mengorganisir koleksi hasil jepretan gw. apalagi gw juga abis punya external storage baru 80 gb, sehingga nyimpen file bisa lebih gede lagi.

software yang gw pengen adalah yang kaya iTunes bawaan ipod. dimana smua file otomatis bisa tersusun berdasarkan penyanyinya. begitu juga yang gw pengen bisa dilakuin ke koleksi gambar2 gw. susah banget pas gw musti nyari bahan ilustrasi gambar buat posting blog. bongkar tiap2 folder, jadi serasa lebih gampang nyari di flickr.

padahal ga musti begitu, sering kalo pas lagi iseng, dan nemuin gambar yang bagus, gw donlot ke folder. tapi pas butuh, gw udah lupa nyimpennya di mana. nah pengennya sih, gw bisa ngasih tag untuk setiap gambar yang gw punya, sehingga pas butuh, tinggal nyari tag yang diinginkan, dan otomatis gambar2 tadi muncul semua. kalo dilakuin manual, itu artinya di pc, kita bikin folder baru dengan nama tag, kemudian gambar disimpen ke dalamnya...

wah.. bisa sampe 5 copy gambar dunks. boros memory! nanya ke temen, katanya pake aja ACD See. hahaha... terakhir kali gw pake itu, mungkin taun 2000. dan males banget karena sering not responding.

kemudian ngga sengaja gw nemuin picasa 2 dari google. pas dicobain donlot. damn! hasilnya more than i expected. hehehe...

setalah diinstal, dia langsung minta diberi akses dengan folder my pictures. kemudian dia mulai mengorganisir gambar di sana berdasarkan waktu, dan lokasi foldernya. setelah beres, kita bisa ngasih tag pada masing-masing gambar. satu gambar bisa menggunakan banyak tag. asik banget, kalo kita manggil tag tadi, gambar tersebut otomatis muncul, meski lokasinya pada folder yang berbeda.

ditambah lagi, dengan fasilitas upload photos by e-mail dari flickr, kita bisa kirim gambar2 langsung dari picasa 2 menggunakan e-mail account di picasa mail atau gmail. it's so practical dan ngasih gw banyak kesempatan buat namain masing2 gambar dengan judul, deskripsi, dan tag. smuanya otomatis kesimpen di flickr gw.

dan juga ada fasilitas ngeprint, bikin web album, upload ke halo, dan posting ke blogger. kumplitt!

satu lagi fitur tak terduga yang easy does it. yaitu fitur untuk ngedit image, tanpa ngerubah file aslinya. banyangin aja. kalo sebelumnya kita musti buka photoshop, ngatur kontras, ngasih efek, save as, kemudian kirim via imel atau upload ke blog. musti buka account imel dulu, trus menuhin hard disk dengan file before and after..

well, dengan picasa 2, kita bisa langsung ngecrop gambar, ngatur semuanya, dan siap diprint atau dipublish. dan pas gw cek di folder lokasinya, gambarnya masih tetep dengan keadaan smua, hal ini berarti gw masih bisa menggunakan source aslinya untuk efek yang berbeda.

dan terutama, ini bener-bener memudahkan gw untuk beresin semua foto2 yang musti diupload untuk discomate. ga perlu lagi software bawaan lumix lx2 buat mindahin gambar dari kamera ke pc, karena picasa 2 juga nyediain fitur itu.

0 komentar:

Posting Komentar