Galih dan Ratna, and Me (2017)

15 Maret 2017


Day off kali ini gw isi dengan menonton film Galih & Ratna
endorsed by my boss :)

setelah menonton film cinta klasik ini, gw sempetin dulu browsing review dari teman-teman lain. dan dapetin review dari hafilova di sini dan iman sulaiman di sana.

gw emang pernah nonton gita cinta dari sma yang dilakonkan oleh oom rano karno dan tante yessy gusman jaman SD. tapi ya jaman segitu, mana gw paham. salah satu adegan yang gw inget, di endingnya galih dikejer-kejer bapaknya ratna. nyolong mangga apa mergokin bapaknya selingkuh gitu. hahaha... ngawur banget! tapi itu yang pencernaan film yg gw terima jaman dulu

di film kali ini. Galih dan Ratna ditampilkan sebagai sosok pelajar SMU kekinian. berlatar belakang kota bogor. di jaman social media dan gadget menjadi keseharian mereka. termasuk tren pomade yang memiliki komunitasnya sendiri..

Di awal cerita, emang agak mengganggu ketika Galih ditampilkan sebagai sosok idealis yang menjagokan kaset, mendengarkan walkman ( ala-ala film guardian of galaxy ). tapi kemudian HP nya udah pake android. kenapa dia ngga masih pake bb atau hp android kitkat. supaya kesan keluarga pas-pasan, yang sekolah kudu menggantungkan diri dari beasiswa.

karena menurut pengalaman gw, dari keterbatasan itu. salah satu temenku berusaha menemukan kenyamanan diri dengan membentuk suatu idealisme. seperti pantang beli merk apel kroak. padahal emang ga mampu. hehehe...

Sementara Ratna, buat gw tampil pas banget. ngga sealay Cinta, seniornya dulu. Kalem, cerdas. Semua tindakan Ratna bener-bener ngga melenceng dari pemikiran cewe-cewe seusianya. Dimana cinta bagi anak SMU adalah dunia mereka. Ditegesin sama bapaknya, dulu pacaran sama fotografer, minta kamera. sekarang deket sama orang musik, minta sekolah musik.

Juga tindakan ratna saat ngisiin pulsa dan dibetein sama galih. lalu dia memilih diem-diem ngeborong semua kaset demi bantuin Galih. atau berusaha ikut sembunyiin kaset pada saat razia. cemas pada saat galih dapet nilai dan surat peringatan, dan bahagia ketika kaset warisan bapaknya galih dibalikin.

hiks.. natural banget..

ngebahas kata-kata havilofa, image remaja labil, naif, dan bodoh. mungkin gw kurang setuju kalau itu digambarkan sebagai kegagalan sutradara / penulis naskah dalam mengembangkan karakter galih. tapi hasilnya buat gw itu sempurna dalam ketidaksempurnaan..

jangankan anak SMU. gw dulu punya temen yg pernah deket, di usianya 22 tahun. dia juga memiliki karakter yang serupa. dimana dia memegang suatu prinsip, dan berusaha menampilkan dalam kesehariannya. tapi toh tidak sempurna. tidak sesempurna rangga dalam kisah cintanya saat sama-sama SMU.

Galih yang mau aja ngikutin sarannya anto, demi dapetin cintanya ratna. galih yang punya impian besar, tapi harus turut kehendak dan aturan ibu. galih dengan beasiswanya, tapi gagal karena kesibukan kasih asmara dengan ratna ( gue bangeeet! hikss ). galih dengan kebodohan-kebodohannya. realistis menurut gw.

Bisa jadi galih ini bakal jadi tren stereotype cowo idaman di dekade ini setelah cowo-cowo model rangga. cowo yang dengan segala ketidaksempurnaannya. berusaha memberikan sayang dan perhatian. tapi kemudian menyngkir, hanya karena masalah sepele. ahh.... baper!

gw juga ngalamin hal kaya gitu tuh.. tapi ga cerita di sini yaa..

untung aja galih dan ratna ga ketularan panggil pipih mimih dan foto anniversary di hotel pake kasur berhiaskan kembang tujuh rupa, perpaduan remaja kekinian dan suasana mistis ratu film horor

Tapi galih, gw ga setuju kalau kaset itu disebut sebagai rangkaian lagu yang dipersiapkan penyanyi untuk dinikmati sebagai cerita. sering kali playlist itu disusun sesuai keinginan pasar, produser, atau malah cuman buat ngepasin tracknya c45 c60 atau c90. hehehe...

dari segi soundtrack, manis.. tapi kurang kena pas galih ninggalin ratna setelah insiden makan malam. malah gw lupa, itu lagunya apaan..

dari segi visual. cakep. suasana sekolah kosong setelah kelulusan. itu kenangan banget buat semua anak-anak yang baru lulus sekolah. suasana kamar, toko kaset, rumah, yang ngga lebay dengan properti yang dipaksakan. semuanya natural.

begitu juga dengan penempatan logo-logo sponsor provider, fast food, yang juga terpampang tanpa harus menyilaukan. bahkan sempet-sempetnya apel kroaknya di tip ex sama tim editing.

cuman satu yang ganjil menurut gw. itu kalo ngga salah bapaknya kan di amrik yah? kok pada saat video call, suasananya sama2 malam, tanpa ada perbedaan waktu antara ratna dan bapaknya..

gw juga males banget waktu bapaknya pulang dari luar negeri malah disuguhinnya spaghetti. masakan indonesia gitu kek. beli di luar pake kantong kresek juga gpp.. insiden di meja makan itu emang paling nyebelin. bapaknya nyebelin. ini model adegan-adegan kaya di flim barat yang selalu bertengkar dengan pacar anaknya..

gw kurang yakin di indonesia bisa seberani gitu, berantem dengan orang yang baru kenal di meja makan. adat ketimuran yang penuh basa-basi.

tapi secara keseluruhan, ide untuk membuat cerita dari sebuah kaset mixtape, ini merupakan ide yang original. brilliant menurut gw. gimana bikin cerita cinta yang semoga abadi kaya AADC dari hal sederhana. yaitu kaset mixtape. tanpa harus dilebih-lebihkan dan dipaksakan.

jujur aja, jaman SMU gw dulu, gw juga bikin mixtape buat sahabat gw saat dia lulus SMU. dua lagunya antara lain..

1. if i let you go ( westlife )
2. best thing about me ( savage garden )

gw suka galih ditampilkan begitu manusiawi dengan banyak air mata. senyuman, dan sorot mata yang tajam, yang bikin gw tetep percaya. bahwa cinta itu memang ada, dan indah untuk dikenang.

dan ibu galih yang berpandangan praktis. dimana cinta itu ada, tapi tidak menjadi penting. yang penting adalah bagaimana menghidupi keluarga. mencukupi kebutuhan. dan menyekolahkan anak.

lagi-lagi baper.. karena gw juga pernah ngalamin beberaa kali saat menjalani hubungan dengan seseorang. dimana kita mati-matian berusaha mengatur kehidupan berdua. tapi pasangan kita hanya melihat bahwa kita tidak lagi perhatian, dan sangat perhitungan.

akhirya. galih dan ratna berpisah di stasiun, demi masa depan mereka. tanpa ciuman. melainkan pelukan erat, dan tangis bahagia..

begitu sederhana, klasik, indah untuk dikenang

0 komentar:

Posting Komentar